Selasa, 19 Juli 2016

Tips Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Membaca bagi sebagian anak yang belum terbiasa acapkali menjemukan. Terlebih lagi tidak dibiasakan sejak kecil. Fenomenanya anak-anak jaman sekarang lebih doyan TV, gadget, tablet mainan digital dibandingkan dengan buku. Padahal seperti yang kita ketahui Ketika anak sedang membaca imajinasi anak berkembang dan saking dahsyatnya membaca bukan hanya mengasah daya fikir dan daya khayalnya melainkan mengembangkan intelektual dan melejitkan kemampuan otak anak. Sebaliknya anak yang terbiasa berinteraksi dengan TV dan mainan digital akan melemahkan mental anak dan sulit berkonsentrasi dalam segala hal. Tragisnya tv dan mainan digital membuat anak ketagihan dan malas berinteraksi dengan buku.
Bagaimana cara menumbuhkan minat baca pada anak? berikut tips menumbuhkan minat baca pada anak :

merdeka.com

  1. Perkenalkan anak dengan buku dan ceritakan dari sisi kebermanfaatanya. Kalau perlu agendakan tiap bulan untuk beli buku bukan mainan lainnya. Beri pengertian kepada anak bahwa buku adalah harta ternilai yang tidak usang dimakan zaman, kalau mainan pastinya lambat laun akan rusak begitu pula makanan akan habis. Sisakan uang jajannya untuk membeli buku.
  2. Usahakan jangan ada TV dan mainan digital di rumah. Kalau terlanjur ada batasi kemudian alihkan kecintaan anak kepada buku. Anak adalah peniru ulung, sekiranya orang tuanya berharap anaknya doyan baca maka sebaiknya jadilah contoh terbaik untuk anaknya mau tidak mau orang tua juga harus membiasakan dengan aktivitas membaca.
  3. Cari buku-buku bergambar dan warna yang cerah dengan ilustrasi singkat tapi gambar menarik.  Banyak alternatif  buku-buku bagus yang bergizi atau buku yang sesuai 
  4. Biasakan tiap malam sebelum tidur orang tua mendongeng. Mendongeng bisa jadi jurus memumbuhkan minat baca anak. Mendongeng mampu melatih imajinasi anak dan menambah kosa kata anak tanpa harus menyebabkan anak terbebani. Telebih lagi kalau anak sudah mulai merespon dan mampu menceritakan isi dongeng tersebut.
  5. Sering mengajak anak ke perpustakaan. Orang tua menjelaskan dengan berkunjung ke perpustakaan akan mengeksplorasi dan mendapatkan informasi terbaru di tempat ini. Dengan melihat koleksi buku yang banyak dan melihat orang-orang disekelilingnya berinteraksi dengan buku akan menambah kesadaran dan kecintaan anak terhadap buku.
Demikian tips menumbuhkan minat baca pada anak. Pembiasaan membaca semenjak dini akan berpengaruh ketika anak dewasa nanti. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

1 komentar: